Moment Glucogen ASLI, Promo Bonus Pack 5 Sachet Glucogen s/d Akhir Tahun!!!‎‎@25 Sachet
www.momentglucogenplus.blogspot.com - PIN 2A5BDB38
PT. Momen Global Internasional - 100% Terjamin Mutu dan Kualitasnya - Harga Terjangkau!!

Pola Makan 4 Sehat 5 Sempurna

Kata-kata Makanan 4 sehat 5 sempurna mungkin sudah kita dengar sejak kita masih kecil, baik itu di area pelajaran sekolah yang membahas tentang manfaat yang bisa kita ambil jika memenuhi kebutuhan makan 4 sehat 5 sempurna, maupun dirumah dengan tidak sengaja mendengar orang tua ngobrol.
Pola Makan 4 Sehat 5 Sempurna
Pola Makan 4 Sehat 5 Sempurna
Sebenarnya memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa untuk mewujudkan tubuh yang sehat, kuat dan terbebas dari berbagai penyakit, tak lepas dengan pola makanan 4 sehat 5 sempurna.

Bayangkan saja jika kita ingin sehat tetapi makanan yang kita konsumsi malah makanan cepat saji yang didalamnya sudah tercemar oleh berbagai senyawa kimia yang membahayakan kesehatan, tentunya tidak etis dan tidak mungkin bukan?

Oleh karenanya jika anda menginginkan hidup sehat terbebas dari penyakit, anda juga harus memperhatikan pola makan 4 sehat 5 sempurna dalam tiap kali makan. Dan tentunya anda imbangi dengan aktivitas olahraga ringan yang menyehatkan.

Nah jika anda dulu mempelajari makanan 4 sehat 5 sempurna saat masih duduk dibangku dasar, tak ada salahnya mengingat kembali kenangan tentang apa saja sih yang tergolong makanan 4 sehat 5 sempurna itu heheh.

Pengingatan ini juga bertujuan untuk mengoreksi diri kita apakah kita sudah menjalankan pola makan sesuai dengan kebutuhan gizi perhari, atau malah kita tidak pernah menerapkan di menu makan kita. Adapun jenis dan makanan 4 sehat 5 sempurna adalah sebagai berikut:

Kategori Makanan Pokok
Apasih makanan pokok itu?? Makanan pokok adalah suatu jenis makanan yang harus kita penuhi dalam  setiap harinya. Jenis makanan ini bermanfaat untuk memberikan asupan sumber energy ( kekuatan/ tenaga) agar tubuh dapat menjalankan aktivitas dengan lancar setiap harinya.
Adapun contoh makanan yang terkategoti makanan pokok adalah sbb:
  • Nasi putih (salah satu makanan yang hampir dikonsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia, dan menjadi makanan pokok pertama dinegara kita)
  • Umbi-umbian (jenis makanan pokok yang mempunyai kadar karbohidrat hampir setara dengan nasi, makanan ini biasanya dijadikan solusi alternative didaerah pedalaman yang tidak bisa ditanami padi)
  • Jagung (pemanfaatan jagung untuk makanan pokok bisa dibuat menjadi Nasi ampok/ nasi jagung.)
  • Tepung terigu/gandum (biasanya dibuat untuk bahan makanan roti)
  • Kentang.
Kategori Lauk-Pauk
Hmmmm,, kalau ngomongin lauk pasti yang tefikir dilintasan saya adalah nyamiii heheh. Manfaat lauk untuk kebutuhan pola hidup sehat adalah sebagai makanan pemenuh asupan kebutuhan zat pembangun yang harus diperoleh tubuh.

Lauk yang baik untuk anda konsumsi adalah:
  • Tempe
  • Daging ( daging ayam, sapi, kambing dsb)
  • Ikan ( ikan laut, ikan tawar)
  • Tahu. dll
Kategori Sayur-Mayur
Manfaat utama sayuran untuk memunuhi kebutuhan pola makan 4 sehat 5 sempurna adalah untuk memenuhi aupan gizi pengatur keseimbangan dalam tubuh, adapun sayuran yang sangat baik untuk kesehatan adalah sbb:
  • Warna hijau: Bayam, Kangkung, brokoli, kacang panjang, pare, labu siam dll
  • Warna warni: cabai, Tomat, terong, wortel, kol pepeng, kacang-kacangan dan masih banyak yang lainnya.
Untuk kategori makanan 4 sehat 5 sempurna yang selanjutnya adalah buah-buahan, manfaat buah-buahan ini hampir sama dengan manfaat sayur-mayur yaitu sebagai makanan pengatur kebutuhan gizi dalam tubuh, adapun jenis buah yang mudah didapatkan dan direkomendasikan adalah sbb: Buah anggur, apel, pisang, markisa, manggis, salak pondok, buah durian, kesemek, papaya, semangka, mangga dll.

Kategori terakhir (Susu)
Makanan 4 sehat 5 sempurna yang terakhir adalah susu, manfaat susu dalam rangkaian makanan 4 sehat 5 sempurna adalah sebagai makanan pelengkap dan penutup untuk menjaga dan mengoptimalkan fungsi-fungsi makanan2 sebelumnya.

Minum susu juga tidak menjadi rangkaian makanan yang harusss dilakukan, namun apabila anda memiliki rejeki lebih anda dapat mengkonsumsinya rutin sehingga anda dapat merasakan khasiat yang terkandung dalam susu. Jenis susu yang baik untuk anda konsumsi adalah jenis susu yang rendah lemak. Seperti susu kedelai dan lainnya.

Itulah sedikit pembahasan mengenai pola makan 4 sehat 5 sempurna. semoga bisa memberikan refrensi dan mengingat masa kita sekolah dasar dulu hehehhe. Selamat menjalankan program ini, sebelumnya mohon maaf jika ada salah kata, dan mohon maaf untuk semua keselahan saya, karena sebentar lagi mau puasa, heheh, selamat mencoba dan menunggu detik puasa ^_^ bagi yang menjalankan.

0 comments:

Post a Comment